10 Okt 2017

Cara Sukses Berpresentasi di Depan Kelas Serta Menarik Dan Efektif

Cara Sukses Berpresentasi di Depan Kelas Serta Menarik Dan Efektif - Hallo sahabat Berita Musik Dan Keunikan, Pada Artikel kali ini yang saya beri judul Cara Sukses Berpresentasi di Depan Kelas Serta Menarik Dan Efektif, saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel All Tags, Artikel Sekolah, yang saya tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Cara Sukses Berpresentasi di Depan Kelas Serta Menarik Dan Efektif

cara berpresentasi di depan kelas
Picture by: rubrik24.com
Saat masa-masa mencari ilmu didunia pendidikan tidak luput dari yang namanya presentasi, entah itu melalui media atau secara lisan langsung. Untuk membuat presentasi yang menarik diperlukan persiapan yang matang agar hasil dari presentasi tersebut mendapat nilai lebih dari guru/dosen yang mengajar. Cara presentasi yang baik juga bisa diterapkan untuk anda para mahasiswa

Dengan membuat presentasi yang menarik bisa memicu perhatian para audiens untuk mengikuti materi dan berperan aktif dalam presentasi kita. Hal yang paling utama yang menjadikan kunci sukses presentasi adalah dengan memahami sebuah materi yang akan disampaikan kepada para audiens.

Terdapat 14 kunci sukses persentasi yakni :

Tahap persiapan:
1. Menyiapkan materi
2. Membuat slide persentasi dengan powerpoint
3. Memahami isi materi
4. Berpakaian Rapi

Tahap Pembukaan persenstasi :
5. Sampaikan tujuan anda melakukan persentasi
6. Tunjukan data analisis anda atau bisa juga berupa peta konsep
7. Beri pertanyaan ringan kepada audiens

Tahap Persentasi :
8. Jangan gugup
9. Posisi Tubuh yang baik
10. Menjelaskan dengan bahasa yang fleksibel
11. Pandangan tertuju hanya untuk audience bukan proyektor
12. Percaya Diri

Tahap penutup :
13. Beri Kesempatan audience untuk bertanya
14. Jawab pertanyaan sesuai pengetahuan anda

Menyiapkan Materi


Siapkan materi apa yang akan anda presentasikan secara jelas dan terperinci agar saat sesi tanya jawab nanti kamu bisa menjawab secara cepat dan tepat serta lancar. Anda bisa mendapatkan materi dimana saja misalnya melalui buku, penelitian, internet, dan para pendapat orang.Materi yang akan anda sampaikan harus tertuju atau terbidik secara tepat jangan sampai melebar isi materi kemana-mana.

Membuat slide dengan powerpoint


Membuat slide bisa anda lakukan dipowerpoint atau melalui animasi flash, namun flash agak ribet dan akan sulit bagi orang yang baru mengenal. Menggunakan powerpoint juga bisa membuat presentasi anda lebih menarik, banyak tema-tema yang mendukung dan berhubungan dengan isi materi anda. Anda bisa mendapatkan tema lebih banyak melalui internet dengan mendownloadnya. Jangan Menggunakan tema yang polos dan gelap jika keseluruhan materi anda berupa teks karena para audiens akan malas untuk melihat slide yang anda tampilkan. Materi yang akan masukan ke powerpoint hanya intinya saja, selanjutnya kamu yang menjelaskan setiap slide yang ada. Teknik ini merupakan teknik presentasi yang efektif.

Memahami isi materi


Pahami setiap isi dari materi yang akan anda sampaikan, agar saat presentasi dimulai kamu tidak terpaku pada sebuah teks yang ada, jelaskan setiap slide presentasi anda agar para audiens mengerti dan paham terhadap materi anda. Pahami isi materi anda sekiranya 3 hari sebelum presentasi dimulai agar lebih matang saat hari dimulai, sering ditemui para pemateri lupa terhadap materi yang akan disampaikan karena mempelajari hanya semalam.

Berpakaian Rapi


Jika anda seorang pelajar berpakaianlah yang rapi seperti, masukan baju kedalam celana, sepatu bersih, rambut rapi, dll. Jika anda seorang mahasiswa bisa berpakaian kemeja dengan celana jeans, rambut rapi dll. Karena dengan berpakian rapi bisa membuat kemungkinan sukses untuk berpresentasi lebih besar. Para audiens juga akan segan terhadap anda karena berpakaian rapi sehingga para audiens akan memperhatikan materi yang akan anda sampaikan.

Sampaikan tujuan anda melakukan persentasi


Saat tahap pembukaan kamu harus menyampaikan tujuan anda, agar para audiens mengerti maksud dari presentasi yang akan disampaikan. Misalkan seperti ini
Selamat pagi ibu dan bapa serta teman-teman yang saya hormatin. Tidak lupa kita bersyukur karena bisa berkumpul disini dengan sehat sehingga saya bisa menyampaikan materi kepada anda sekalian.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pemerintahan orde baru, mulai dari awal kemunculan orde baru sampai berakhirnya masa pemerintahan orde baru.
Dengan begitu, para audiens akan memiliki gambaran terhadap materi yang akan anda sampaikan.

Tunjukan data analisis anda atau bisa juga berupa peta konsep


Tunjukan peta konsep kalian kepada para audiens, tujuannya seperti point diatas agar para audiens paham gambaran dan materi apa yang akan anda ulas didalam presentasi ini. Buatlah peta konsep yang menarik agar para audiens menjadi penasaran terhadap materi yang akan anda sampaikan.

Beri pertanyaan ringan kepada audiens


Memberikan pertanyaan saat pembukaan akan membuat presentasi anda lebih komunikatif dan adanya feedback antara pemateri dan audiens. Berikan pertanyaan ringan saja untuk memulainya seperti contoh berikut ini :
sebelum masuk ke inti materi, apakah salah satu dari kalian sudah mengetahui tentang orde baru? atau pengertian orde baru? acungkan tangan jika kalian ingin menjawab.
Jangan sampai kamu menunjuk audiens yang tidak ingin menjawab, dan jangan bilang jawabannya benar, kurang tepat, atau salah, tapi kamu langsung menerangkan materinya.

Jangan gugup


Tenangkan pikiran anda, jangan takut terhadap para audiens yang banyak. Karena jika anda gugup materi yang sudah anda pahami akan lupa lagi sehingga presentasi anda akan gagal. kata kata presentasi yang baik dan benar yang sudah anda siapkan akan lebur begitu saja hanya karena gugup. Dengan anda gugup juga kata kata yang disampaikan akan kurang bisa dimengerti oleh para audiens.

Posisi Tubuh yang baik

Diharapkan anda berdiri dengan posisi tubuh yang baik tegap jangan sampai sikap berdiri anda membungkuk karena akan membuat pemikiran yang berbeda dari para audiens. Wajah anda juga harus terliht bersemangat, terlihat ramah, dan tidak pasang muka menakutkan. Dengan begitu anda akan disegani oleh para audiens yang akan membantu anda untuk sukses dalam berpresentasi.

Menjelaskan dengan bahasa yang fleksibel


Maksud dari bahasa yang fleksibel ini adalah bahasa yang digunakan harus menyesuaikan dengan para audiens anda. Misalkan anda berpresentasi di depan kelas bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi jangan terlalu baku karena pada dasarnya para siswa akan sedikit aneh ketika berbicara dengan bahasa baku. Intinya sesuaikan bahasa berbicara dengan para audiens anda.

Pandangan tertuju hanya untuk audience bukan proyektor


 Jika anda terus menatap proyektor berarti anda juga belum memahami materi yang disampaikan, dan jika kamu hanya tertuju ke proyektor bukan audiens sama saja seperti membaca bukan menjelaskan. Jika begitu semua orang juga bisa klo hanya untuk membaca materi saja. Jadi pandangan anda harus tertuju kepada audiens agar lebih komunikatif dan lebih efektif.

Percaya Diri


Setelah anda melakukan semua tips nya, langkah selanjutnya dalah percaya diri. Percaya dirilah bahwa presentasi anda akan berjalan lancar dan memiliki nilai plus karena telah dilakukan semaksimal mungkin sesuai kemampuan kita. Berpikir positif jangan pikirkan apa yang sudah terjadi saat presentasi, karena waktu gak bisa diulang juga kan? kamu hanya perlu memperbaiki untuk kedepannya.

Beri Kesempatan audience untuk bertanya


Berilah kesempatan para audiens untuk bertanya, minimal 3 orang untuk sekali presentasi. Namun terkadang banyak para audiens yang malah menjatuhkan pemateri dengan pertanyaan yang diluar materi kita. anda bisa mengatasinya dengan seperti ini:
A sebagai audiens          P sebagai pemateri
A: Saya ingin bertanya kepada saudara, Pencapaian apakah yang sudah terlakasanakan pada masa orde lama?
P: Mohon maaf untuk pertanyaan saudara, kami tidak bisa menjawab karena apa yang ditanyakan jauh dari materi yang saya sampaikan.
(Dengan begitu audiens akan mengurungkan niat untuk melanjutnya pertanyaannya)
 Jika para audiens terus bertanya dan menjawab kurang paham terhadap jawaban anda, anda bisa jawab seperti ini:
P: (anda menjelaskan yang ditanyakan audiens)
A: Maaf, saya kurang paham terhadap apa yang anda jelaskan, bisa diulangi?
P: Bagian mana yang kurang anda pahami? biar saya jelaskan kembali.
A: hmmmm
(pasti para audiens yang bertanya untuk menjatuhkan anda akan bingung bagian mana yang kurang paham karena dia berniat hanya untuk menjatuhkan bukan bertanya apa yang dia tidak tahu)
Saat ajang tanya jawab ini sebisa mungkin anda menang dengan menjawab semua pertanyaan para audiens. Dengan begitu, anda akan mendapatkan nilai plus dari guru atau dosen anda.

Jawab pertanyaan sesuai pengetahuan anda


Jawablah sesuai pengetahuan anda jangan sampai saat ada audiens yang bertanya kamu membuka smartphone dan mencarinya melalui internet, hal ini akan berdampak buruk terhadap nilai presentasi anda. Oleh karena itu, gali terus ilmu yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan agar lebih matang saat berpresentasi dimulai.

Cukup sekian tentang cara berpresentasi di depan kelas, semoga bermanfaat bagi anda dan jangan lupa untuk share keteman-teman kalian agar mereka juga tahu tentang hal ini. Thanks to visit and read in article Seputar Tutorial.

Penutup Artikel Cara Sukses Berpresentasi di Depan Kelas Serta Menarik Dan Efektif

Mungkin sekian dulu artikel singkat seputar Cara Sukses Berpresentasi di Depan Kelas Serta Menarik Dan Efektif kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya... Salam Berita Musik Dan Keunikan

Baca juga :

Disqus Comments